Minggu, 10 Agustus 2014

7 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak

“Makan gih, biar kerjanya enak nanti..” Kalimat seperti itu kerap dilantunkan, ketika ada yang memotivasi kita memakan sesuatu, supaya kinerja otak menjadi lebih baik. Namun, relatif sih sebetulnya. Tergantung, makanannya apa dulu? Apakah memang setiap makanan yang kita konsumsi itu, pasti akan berdampak bagus untuk otak kita? Nah, padahal, tidak semua makanan. Hanya sebagian saja. Berikut ini, 10 makanan yang baik untuk otak Anda. yang dikutip dari berjambang.blogspot.com.

1. Coklat Hitam


Mungkin Anda langsung semangat jadinya, begitu tahu rupanya coklat itu bagus untuk otak Anda. Hehehe! Yah, soalnya, pertama, coklat itu mengandung antioksidan. Jadinya, bisa membantu Anda terlindungi dari stress oksidatif, yang berasal dari radikal bebas. Kedua, coklat hitam ini bisa meningkatkan horman endorfin dalam tubuh Anda, sehinga mood Anda pun jadi meningkat! Disarankan Anda mengonsumsinya 1 ons per hari.

2. Blueberry


Dr. Steven Pratt, penulis Superfoods Rx: Fourteen Foods Proven to Change Your Life, menemukan bahwa blueberry itu salah satu makanan khasnya otak. Karena, dia juga punya khasiat-khasiat yang dimiliki si coklat di atas, yakni, kaya akan antioksidan yang bisa membantu perlindungan otak dari bahaya stress oksidatif dari radikal bebas pada tubuh. Selain itu, blueberry ini juga mampu membantu perlidungan sel-sel dan neuron di otak, dari bahayanya spesies-spesies yang menyerangnya. Pun, jadinya memori dan kemampuan belajar meningkat. Sampai-sampai ada sebuah penelitian bahwa bluerberry ini bisa membantu perlindungan dari kepikunan, bahkan penyakit neurodegenerative sepertiAlzheimer. Disarankan mengkonsumsi blueberry ini sebanyak satu cankir dalam sehari.

3. Telur


Terutama bagian kuning telurnya, bagus tuh, termasuk salah satu sumber kolin yang terbaik. Jadinya bisa meningkatkan memori dan mengurangi kepikunan. Karena komunikasi antara sel-sel otak akan meningkat. Disarankan makan satu buah telur dalam sehari.

4. Alpukat


Soalnya di dalam alpukat ini, ada lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan aliran darah, dan mengurangi tekanan darah. Otomatis, bermanfaat bagi semua organ tubuh. Termasuk otak, jadinya cukup mendapatkan supply oksigen deh. Karena tinggi kalori, konsumsi sekitar seperempat sampai setengah buah alpukat dalam sehari udah cukup.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak. Lantaran mengandung asam lemak Omega-3 yang tinggi, makanya bisa meningkatkan kejernihan mental, memori, bahkan udah terbukti bisa memulihkan penuaan otak pada bagian otak rat.
Lalu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin E, yang bisa mencegah penurunan kognitif. Lagipula bentuknya juga mirip otak yah kan, hehehe!
Disaranan sih, makan kacannya, kacang jenis kenari. Itu yang paling bagus kalau buat kesehatan otak. Malahan bisa juga meningkatkan suasana hati, mengurangi kepikunan, dan meningkatkan kesehatan jantung. Makan satu ons perhari, cukuplah.

6. Kacang Arab

Kacang Arab Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak. Kacang arab ini banyak mengandung magnesiumnya nih. Makanya, dia bisa meningkatkan transmisi pesan antara neuron-neuron. Dia bisa mengendurkan pembuluh darah, kemudian meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan hormon seretonin di otak, sehingga mood jadi lebih baik.
Anda bisa memakannya beberapa kali dalam seminggu.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun Bisa Meningkatkan dan Menambahkan daya Ingat Otak. Nah, kalau minya zaitun ini, dia ini sumber asam lemak Omega-3 yang sama bagusnya kayak antioksidan. Seperti yang dibahas di atas, dia bisa melindungi otak dari stres oksidatif. Pun juga bisa meningkatkan daya ingat dan daya belajar. Satu sampai dua sendok makan dalam sehari, ketika ditaburkan pada sald atau pada bubu masak, udah termasuk kadar yang optimal kok.
thumbnail
Judul: 7 Makanan Baik yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Fakta, Unik :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz